Musik: Memori dan Mood

Tuesday, September 13, 2016


Gue yakin banget ada banyak orang yang suka musik, punya lagu kenangannya masing-masing. Selain karena lagunya yang memorable, biasanya lagu yang menjadi kenangan itu merupakan soundtrack dari momen-momen tertentu. Bukan hanya momen khusus, momen yang terjadi begitu aja pun.

Kalo kalian coba dengerin sebuah lagu yang memorable, kemudian tiba-tiba beribu memori datang menyapa bersama alunan lagunya, bisa dikatakan lagu itu adalah lagu kenangan kalian.

"It takes 1 song to bring back 1000 memories" 
-Anonim

Oke, quote di atas membuktikan bahwa satu lagu mampu membawa kembali seribu kenangan. Jadi kalo satu album ada dua belas lagu, maka dua belas ribu kenangan yang akan datang. Nggak deh, nggak gitu juga.

Ada beberapa lagu yang memorable banget di hidup gue karena berkaitan dengan momen yang memorable juga. Seperti lagunya Sheila on 7 - Sebuah Kisah Klasik yang menjadi iringan musik ketika gue wisuda tahun dua ribu empat belas lalu, kemudian lagu Caffeine - 3 Kata yang liriknya gue pake buat nembak seorang cewek pake surat waktu SMP dulu, dan masih banyak lagu-lagu memorable lainnya. Gue yakin kalian juga pasti punya.

Musik bisa menjadi sebuah media untuk bernostalgia dan bercengkrama dengan memori lampau untuk menceritakannya kembali melalui sebuah ingatan akan langkah demi langkah yang terjadi waktu itu. 

Musik mungkin tidak akan berpengaruh sama sekali dengan kehidupan seseorang, karena tanpa musik pun mereka masih bisa bertahan dan menikmati hidupnya, tapi musik tidak menutup kemungkinan juga memiliki pengaruh besar bagi kehidupan sebagian orang. 

Gue sendiri yang orangnya moody menjadikan musik sebagai salah satu media untuk memanggil good mood gue. Setiap pagi, kalo keadaannya memungkinkan, gue pasti akan mendengarkan musik ketika memulai beraktifitas. Biasanya gue suka dengerin musik yang cenderung up-beat dan high-tempo untuk membangun good mood gue di pagi hari. Karena konon katanya, mood mu hari itu tergantung dari lagu yang didengarkan di pagi hari.

Mungkin kedua hal itu juga yang menjadikan soundtrack dalam sebuah film itu sangat penting. Tujuannya jelas, untuk membantu penonton memberikan sebuah mood dan memori pada sebuah film yang mereka tonton.

Musik dalam sebuah film juga dapat mengatur ritme bersamaan dengan adegan dan dialog yang bersinergi menghasilkan sebuah dinamika emosi penontonnya. Tak banyak juga orang-orang yang ingat beberapa adegan film karena ingat pula musik yang mengiringi adegan tersebut.


Seperti adegan si Jack yang memeluk Rose di sebuah kapal Titanic, alunan merdu suara Celine dion menyanyikan lagu My Heart Will Go On sangat memorable. Buktinya kalo ada dua orang yang memperagakan hal yang sama seperti yang dilakukan Jack dan Rose di film Titanic, orang-orang pasti akan ingat adegan itu terjadi di film titanic yang diiringi oleh lagunya celine dion. Adegannya sangat manis dan romantis, membuat penontonnya berasa seperti diayun angan-angan manisnya cinta. 

Kesimpulannya, musik adalah sebuah media yang dapat merekam memori dan membangun mood.

Pengin tau dong, lagu yang menggambarkan perjalanan hidup kalian selama ini apa sih? Terus soundtrack film favorit kalian yang memorable banget soundtrack film apa? Monggo share di comment box di bawah. Jangan lupa share artikelnya juga ya. Hatur nuhun~

Follow my blog with Bloglovin

You Might Also Like

16 komentar

  1. Yap banar sakali, gue juga punya musik andalan sih yang biasa gue denger. Udah beberapa bulan ini senang banget denger suaranya Monita Tahalea. Kalo keinget jaman2 SMA sih lagunya samsons sering gue nyanyiin temen2 di dalam kelas, sama lagunya Bondan Prakoso yang gue lupa judulnya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, seleranya Monita euy. Gue juga suka banget lagu sama orangnya. Lembut-lembut gimana gitu ya haha

      Delete
  2. Gw punya banyak lagu kenangan tapi ngak pernah apal awal sampai akhir nya, tau nya cuman reff doang hehehe

    ReplyDelete
  3. Balonku ada 5 itu termasuk musik yang membawa kenangan nggak a? *oke abaikan pertanyaan ini*
    Jujur, gue lupa lagu apa yang menggambarkan perjalanan hidup gue sendiri. Tapi kalau soal lagu yang bisa membangun mood gue, jawabannya adalah ... gue lupa judulnya apa *lah

    ReplyDelete
  4. Duh kalo bahas lagu kenangan bawaanya baper, soalnya tiap mantan punya lagu kenangan sendiri2 ce-elah...

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  5. Wah kalo lagu yang menggambarkan hidup kayaknya nggak ada deh. Soalnya gue suka berubah-ubah. Hampir suka semua genre lagu. Tapi kalo akhir2 ini lagi demen Never Shout Never yang Happy. \:D/

    ReplyDelete
  6. Haha benar sekali. Bahkan pernah marah-marah gaje sama teman sendiri krn putar lagunya Kangen versi Once, ish ish, gak bisa!

    http://ekhahidayy.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha berasa lagu itu punya lo, ya? Jadi yang lain nggak boleh muterin :D

      Delete
  7. Lagu kenangan dan sekaligus soundtrack film terkeren sepanjang masa (menurut gue) sih cuma satu, I Don't Want To Miss A Thing-nya Aerosmith. And trust me, that is the one and only song I play whenever and wherever.

    ReplyDelete
  8. Iya ngerasa aja, kalo nyanyiin lagu yang dulu pernah jadi kenangan,.... Setiap kita orang sepertinya punya lagu kenangan masing2 ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul. Buat orang yang seneng musik sih biasanya punya lagu andalan dan puny lagu kenangannya masing-masing

      Delete
  9. Hooh a indra saya pernah nggak sengaja denger lagu lama eh keinget jaman2 sekolah haha, yaa begitulah musik, kalo yang menggambarkan perjalanan hidup sih menurut saya lagunya tiara - be with you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu. Musik adalahs salah satu media yang memudahkan untuk mengingatkan.

      Delete
  10. kalo ngomongin lagu yang menggambarkan perjalanan hidup mah banyak dna dinamis.. aku nggak ada sih lagu yang dari dulu sampe sekarang suka dan diputer melulu.. pokonya menyesuaikan mood deh playlist aku mah.. :D

    ReplyDelete

Thanks guys udah baca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Happy Blogging! ~\o/