Perhatikan Desain Blogmu

Tuesday, August 23, 2016


Gue adalah salah satu orang yang mendeklarasikan diri sebagai orang yang visual banget. Setiap jengkal demi jengkol blog ini sangat gue perhatikan presisi desainnya. Karena menurut gue, visitor atau reader bisa betah nongkrong lama-lama di blog orang itu selain karena kontennya menarik, loading blognya nggak lama, tampilannya juga harus enak diliat. Setubuh?

Selain menulis, I'm a big fans of design tho. Makanya gue sangat memperhatikan tampilan juga. Mulai dari header, font, warna, ilustrasi postingan sampe ke tata letaknya.

Ngomongin desain blog, gue jadi inget pertama kali punya blog. Dulu gue pake template blog bawaan dengan desain yang seadanya. Background-nya warna item, tulisannya warna putih dan abu-abu agak terangan dikit. Header-nya bertuliskan Thrw_Collection berjenis Times New Rowman. Anjay, what the worst design.

Dulu sama sekali nggak ngerti cara desain blog itu macam mana, cuma tau cara nambahin widget html yang dulu biasa gue pasang di testimoni friendster, udah gitu doang, belum ngerti kode header itu dimana, cara ganti ukuran font gimana, cara ganti ukuran celana gimana, sama sekali nggak tau. Oh iya, buat yang belum pernah pake friendster, gue kasih contoh nih kode html yang gue maksud:

 

Gimana, keren nggak? Atau malah jadi norak? Eh tapi jangan salah, dulu pasang widget kayak gitu di blog berasa keren banget loh. Belum lagi widget HTML semacam greeting yang ada glitter kelap-kelip kayak di club gitu. Pokoknya zaman awal-awal ngeblog, kerjaan gue cuma ngerias widget blog dan bikin blog jadi super berat loadingnya. Kontennya? Jangan ditanya. Copy paste.

Tapi itu dulu, sekarang mah sedikit demi sedikit jadi lebih ngerti gimana caranya merias blog yang baik dan benar. Ya walaupun desain blog gue belum baik dan benar-benar amat, masih cemen banget. Karena masih pake template buatan orang lain. Nggak bikin dan desain sendiri, mana gratisan pula. Ya seengaknya mendingan lah dari yang udah-udah.

Untuk pemilihan template blog yang asik dan keren, biasanya gue ngambil di ThemeXpose. Templatenya keren-keren dan eye-catchy banget, yang paling penting sih responsive dan ringan. Cocok banget buat blogger yang nggak terlalu ngerti dan nggak bisa bikin template sendiri tapi pengin menampilkan blognya dengan keren. Tinggal edit-edit dikit biar pas sama yang dipenginin dan biar cocok sama tema blognya. Sukur-sukur kalo punya duit lebih, jadi bisa beli templatenya, biar bisa dapet service lebih.

Kalo nyari inspirasi desain blog, biasanya gue maen ke bloglovin.com terus liat-liat blogger luar yang desainnya anjay keren pisan euy. Simple tapi betah banget dipelototin lama-lama. Coba yang punya niat untuk menata ulang blognya, bisa maen ke sana.

Nah, biar blognya makin keren juga, sekedar saran aja dari gue nih. Gunakan ilustrasi postingan dengan gambar yang HD, selain biar nambah asik postingannya, nambah enak diliat juga. Jangan lupa cari sumber gambar yang bebas hak cipta. Gue sih biasanya suka pake gambar-gambar dari Pixabay, Pexels atau Picjumbo. Direktorinya lumayan komplit.


Balik lagi ke zaman dul. For your information, dulu banyak banget loh blogger yang pake musik play otomatis. Jadi kalo kita buka blog mereka, secara otomatis, musik yang ada di playlist blog itu langsung bersenandung. Salah satu diantara mereka adalah gue. Waktu itu gue pernah pake widget musik player gitu lah pokoknya di sidebar. Bentuknya keren kayak iPod Touch, lagunya juga kece-kece. Tapi ya gitu, jadi berat banget loadingnya. Lagian kalo dipikir-pikirmah nggak ada faedahnya karena belum tentu juga orang yang mengunjungi blog kita selera musiknya sama.

Pemilihan tata letak dari template yang dipilih pun harusnya kita perhatikan juga. Jangan sampe blog yang bertema personal, tapi tata letaknya berbentuk galeri kayak blog fotografer yang cuma memajang hasil jepretannya.

Alangkah baiknya juga kita memilah dan memilih widget yang ada di sidebar itu apa aja. Menurut gue sih pajang aja widget seperlunya, yang bener-bener pas dan dibutuhkan untuk navigasi blog. Jangan segala macem ditempelin, widget kalender ditempelin, widget jam ditempelin, segala koyo ditempelin juga, nanti loading page-nya jadi makin lama karena ada source-code dari luar blog loh. Untuk lebih jelasnya, bisa cek postingan si Mas Jung deh yang membahas tentang Seberapa Cepatkah Loading Blogmu?.

Yang berat cukup badanmu aja, blogmu jangan. Kenapa demikian? Karena tau sendiri lah rata-rata kecepatan internet di Indonesia ini macam kumaha atuh. Ada sih yang cepet, tapi kan nggak semua orang merasakannya. Di zaman yang udah 4g gini pun, masih ada loh yang jaringan di smartphone-nya masih EDGE. Jadi, bagaimana kalo kita pikirkan juga nasib kaum mereka. Jangan sampe mereka menutup paksa blog kita karena loadingnya lama bahkan lebih lama dari nunggu cewek yang lagi gambar alisnya.

Kita semua tau, konten adalah raja dan desain blog adalah baju yang dipakai raja. Perhatikan Desain Blogmu.

Gimana? sudahkah kalian memperhatikan desain blog kalian? 

You Might Also Like

26 komentar

  1. Ndra, gue penasaran kenapa gambar 'Jomblo Pixabay' yang lo pake di tulisan ini pake format PNG :))

    ReplyDelete
  2. Alasan ultimate-nya nggak tau sih. Suka replek aja pengin pake .png

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak riskan Ndra kalo pake png. Dia nyimpen channel alpha, rada berat.

      Delete
    2. Oh gitu, ya? hehe gue nggak tau euy. Dapet ilmu baru euy

      Delete
    3. Iya mas indra, bagusnya font aja kasih koding angka yang sesuai aja biar enak hhe.
      Biar tambah setsetsettt (cepet) loading nya juga :p

      Wah sama nih, suka pakai pexels juga hahaa *tos!*

      Delete
  3. Aa.. G cuman aa aja kok yang heboh dulunya, neng juga kok a'
    Inget banget ndra, jaman baheula pasang pemutar musik otomatis di blog, lagunya srihanna yang judulnya "diem dan nyetir". Kalau diinget2 Lagi Lucu ya blogger jaman dulu, ada aja kenangan kancrit ala alay yg berasa sweet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan Neng juga blogger lama. Aa kenal sama neng juga udah lama. Waktu masih si irupusmeong itu loh

      Delete
  4. Ada referensi template yg ringan tp chic nggak?

    ReplyDelete
  5. design blog memang jadi salah satu untuk menarik visitor, jadi harus diperhatikan betul-betul...

    ReplyDelete
  6. Halo Indra,

    Samaan donk kita.

    Hahaha.. Kenangan modif html di friendster yang super norak.. Tapi memang dinilai keren sama temen2 karena mereka yang buta html bertanya tanya.. Gimana caranya?

    Jadi inget jaman sebelum ada fesbuk.

    Jaman sekarang desain lebih responsif, ringan dan simple.

    Mengedepankan kualitas konten menjadi strategi Blogger masa kini.

    ReplyDelete
  7. Untung aku bukan termasuk yang pakai musik itu. Kalo berkunjung ke blog yang ada musiknya itu suka kaget, padahal nggak muter lagu sama sekali, eh ada bunyi2an.
    Selama ngeblog, udah puluhan kali ganti desain blog, tapi cuma sekarang ini srek. udah lama nggak diutak-atik.

    Eh BTW, ini Blog baru ya? baru sadar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Gue juga udah nyampe puluhan kali masalah ganti template. Mudah-mudahan yang ini cocok.

      Lah? Udah sering mampir dan baru sadar? Tiap ke sini pasti abis kejedot.

      Delete
    2. Haha iya baru kemaren2 merhatiin. Pengunjungnya juga terlalu sedikit untuk blog yang lama 😬

      Delete
  8. Gue termasuk pula seorang blogger yang sangat memperhatikan template. Gue yakin, selain karena posting yang menarik, template juga dapat membuat reader "ga pingin pulang" dari blog gue. Hahaha.

    Btw, salam kenal ya, ak! :D

    ReplyDelete
  9. Gue tu kenal AA indra udah lama, sih. Tapi, malu aja mengakuinya. hahaha. Ini blog baru atau gimana mas? Hehehe.

    Ngomongin desain blog. Ngebaca ini tu, jadi kangen buat border bisa kedip2 gitu. hahaha. Gue juga orang yang pernah ngerasain kamfretnya desain dulu. Kalo bisa, blog dibuat tempat dugem. Lamku kelip2 di mana2. Lagu yg kadang riligius tapi blognya warna DARK gitu. hahaha.

    Nah, setubuh banget sama AA indro. Eh, Indra soal desain blog. Karena, desain yang bagus juga bakal buat pembaca betah. Cuman... saran gue sih, jangan pikir bagusnya dulu. Yang penting rapi. Kalo gak bisa, belajar pelan2 di blog lain buat uji coba. Gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog baru sih ini. Yang lama di indrathrw.com

      Hahaha yoi. Blog udah kayak club malam yang kelap-kelip dan bermusik.

      Delete
  10. Gambar bebas hak cipta itu kayak gimana, mas? Gak perlu cantum sumber gambar, gitu kah?
    Setuju nih, kalau desain blog memang hal penting disamping konten yang disajikan. ~
    Salam kenal ya btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitulah, kadang-kadang ada yang bolehin pake gambarnya asal dicantumin sumbernya. Tapi setauku, kalo yang ada di situs macam pixabay gitu kayaknya nggak perlu. CMIIW.

      Delete
  11. Kadang ada blogger yang jago nulis, tapi nggak ngerti main template kayak gimana. :')

    ReplyDelete
  12. Kadang teringat pertama kali membuat blog, segala dipasang, udah kaya pasar aja lah pokoknya..

    Btw, salam kenal a :)

    ReplyDelete
  13. Hmmm bener nih. Saya juga dulu pas awal-awal ngeblog, segala macem gadget yang aneh2 ditempel. Semacam gadget SMS gratis, quotes random dsb.

    Oiya, saya juga sering dulu nyari2 template di ThemeXpose. Kalo Sekarang mah udah banyak template buatan lokal, gak kalah keren pula.

    ReplyDelete
  14. saya baru memperhatikan desain blog setahun belakangan.
    wajib banget buat blogger memiliki template blog responsive, karena jaman sekarang pengunjung blog lebih banyak lihat dari mobile

    ReplyDelete

Thanks guys udah baca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Happy Blogging! ~\o/