Kenapa Nggak Jadi YouTuber?

Monday, June 06, 2016

Waktu itu gue lagi promosi postingan baru di sebuah grup blogger di Google+, ada seorang blogger yang komen di postingan gue yang kurang lebih kayak gini, "Wah masih ada blogger, nggak ikut-ikutan jadi YouTuber bang?" Hmm.
youtube youtube lebih dari tv aa indra channel

Setiap kali ada orang yang nanya ke gue dengan pertanyaan kayak gitu, jawaban gue cuma ada dua. Mau banget dan bakal, tapi nanti. For Your Information aja ini mah ya, gue teh sebenernya pengin jadi YouTuber dari tahun 2012 dan sekarang udah tahun 2016, udah lama pisan cuy. Empat tahun nahan hasrat pengin jadi YouTuber walau sebenernya mah gue nggak terlalu ngebet jadi YouTuber-nya, tapi lebih ke ngebet pengin jadi video creatornya.

Terus kenapa sampe sekarang belum mulai juga? 

Ada beberapa alasan yang menurut gue mending sabar aja dulu, nggak usah buru-buru. Karena segala sesuatu yang buru-buru akan menjadi ubur-ubur. Nyesel ya baca paragraf ini? Hahaha.

Dulu udah pernah sih coba bikin konten buat YouTube dengan alat-alat seadanya yang gue punya, tapi hasilnya nggak sesuai dengan ekspetasi gue, imbasnya ya gue merasa nggak puas. Mungkin karena gue ini orangnya perfeksionis, jadi kalo mau buat sesuatu itu harus perfect, ya minimal sesuai dengan ekspetasi gue.

Berhubung ekspetasi dan keinginan gue terlalu tinggi, jadi gue membutuhkan sesuatu untuk mencapai hal itu. Makanya sampe sekarang gue belum mulai membuat video. So far masih dalam tahap prepare untuk alat-alatnya. Jadi untuk sementara, ide-ide gue untuk video nanti, gue tulis dulu di blog, dijadiin sebuah postingan. Jadi nanti kalo semuanya udah siap, gue tinggal mengeksekusinya menjadi sebuah video aja.

Sekarang-sekarang ini gue lagi ngumpulin pundi-pundi rupiah buat beli kamera sama alat penunjang lainnya, biar pas pertama kali mulai, udah bagus dan bisa membuat gue puas sama hasilnya. Seengaknya bagus menurut gue aja dulu.

Mulai aja dulu dengan alat seadanya, nanti kan bisa berkembang.

Penginnya sih gitu, cuma ya gue merasa belum puas aja dengan hasilnya. Bagi gue, membuat suatu karya itu harus memuaskan, minimal puas untuk diri sendiri. Azek. Lagian nanti gue bikin konten di YouTube pun bukan ngejar waktu mumpung sekarang YouTube lagi happening banget, tapi ngejar kepuasan.

Seperti yang kalian ketahui, sekarang banyak banget YouTuber-YouTuber baru. Mulai dari anak SMP sampe bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalipun. Banyak yang maenin YouTube. Banyak pula jenis-jenis channelnya. Gue cuma bisa gigit jari dulu sambil ngoceh sama diri sendiri. "Lo kapan Ndra, bikin video-video kayak gitu?".

Lumayan bikin gondok juga ngeliat orang lain udah pada aktif jadi content creator, gue masih jadi viewer sama commentator aja. Tapi nggak apa-apa, gue masih betah juga jadi blogger. Walaupun ntar gue udah mulai bikin content di channel gue, nulis blog nggak bakal gue tinggalin.

Btw, blog gue kemaren dapet juara harapan di lomba blog yang diadain sama Matahari Mall sama Shopcoupon. Postingannya bisa dibaca di postingan yang berjudul "Pahlawan di Tanggal Tua". Nggak apa-apa juara harapan tapi hadiahnya kenyataan. Daripada juara bertahan diberi harapan terus-terusan.

Oke, jadi demikianlah tanggapan gue perihal pertanyaan Kenapa Nggak Jadi YouTuber. Kalo kalian gimana nih? Udah pada mulai maenin YouTube kah atau masih betah jadi blogger? share jawaban kalian di comment box below. In the end of this post, thanks for reading! :D

You Might Also Like

18 komentar

  1. Terimakasih infonya, memilih menjadi blogger atau youtuber saya fikir tergantung bakat dan minat yang kita miliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Harus sesuai dari minat dan passion biar enjoy jalaninnya.

      Delete
  2. Gak enaknya jadi perfeksionis ya gitu, saking perfeksionisnya kadang malah ga jadi-jadi. Tapi kalau bikin karya yang ecek-ecek, risih sendiri juga hahahaha. Makin memaklumi lo bikin blog baru. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, minusnya jadi orang yang perfeksionis itu kayak gitu. Apalagi kalo ditambah idealis. Woh!

      Delete
  3. Masih betah jadi Blogger, hehehe. Alasan gue juga sama kek lu, Bang, belum mau memulai kalau peralatannya belum lengkap. Gue juga orangnya perfeksionis, makanya sampe sekarang belum mulai-mulai juga bikin konten di Youtube. Ribet juga ya jadi orang yang perfeksionis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga masih betah banget jadi Blogger. Bikin konten di youtube mah cuma selingan aja, pelampiasan passion gue di bidang tersebut.

      Delete
  4. G ada kepikiran buat jadi youtuber, tapi dulu sempet bikin pidio di youtube, cuman dulu pake banget ndra.
    Tapi apapun itu semoga keinginanmu buat jadi youtuber yang mengejar kepuasan (terutama) untuk diri sendiri terkabulkeun, aaamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu gue juga sempet bikin. Cuma udah dihapus video sama channelnya.

      Aamiin.. Nuhun, pit!

      Delete
  5. Ngeyutub aja Ndra biar yg ngeblog sedikit, kesempatan buat gue terkenal lewat blog. Haha. Sekarang kan udh banyak kayaknya yg pindah ke wattpad ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjis. Ini apaan hahaha. Lagian lu udah jadi YouTuber juga kan. Btw, wattpad itu apaan? Siapanya Notepad?

      Delete
  6. Kalo menurutku sih, nggak usah 'pindah' dari blogger ke youtuber. Dua-duanya bisa saling mendukung dan melengkapi, kok. Coba liat video youtube aku juga pake alat seadanya kok.
    #hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue bukan mau 'pindah' dari blogger ke youtuber sih, cuma pengin berkreasi juga di youtube. Karena selain nulis, passion gue juga ada di sana. Hehe.

      Delete
  7. Ih, sama kayak aku A, aku juga sempet kepikiran buat jadi youtuber, yang bikin tutorial crafting DIY ala-ala youtuber luar negeri, ngiler aja lihat subscribers mereka yang tembus >3jtan, tapi bukan masalah pengikutnya sih, cuma kayaknya menjadi youtuber boleh dicoba sekalian ngasah bakat, tapi aku tipe perfeksionis yang harus nunggu alat penunjangnya lengkap dulu, padahal hapeku yang baru udah cukup bagus-bagus aja sih, tapi sampai saat ini menjejaki video di instagram dulu ajalah, kalau udah mahir ke aplikasi edit yang pro, gak salah deh kalau akhirnya ngemulai dr awal di Youtube.

    Semoga tabungannya cepet penuh, A :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga sebenernya cuma pengin numpahin passion gue di bidang video.

      Aamiin..

      Delete
  8. Kali gue sih prefer buat jadi blogger skaligus youtube. Kalo disurug milih sih gak bisa, soalnta gue ini tipe orang yang visual tapi agak ke verbal juga. Makanya sekarang gue masih aktif di blog gue jevonlevin.com dan juga di youtube.com/shortallshort .. #SekalianPromosi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good. Gue pun begitu. Nggak bakal ninggalin blog juga, cuma mau numpahin passion di bidang lain selain di blog.

      Delete
  9. Semangat a, semoga segera terpenuhi kebutuhan buat ngeyoutube-nya :D But, jangan lupa ngeblog ya kalo udah jadi youtuber nanti! haha

    ReplyDelete
  10. bener banget, kalau apa-apa itu gak usah terburu-buru, ngalir aja kaya air biar hasilnya bagus dan gak terkesan dibuat-buat.

    ReplyDelete

Thanks guys udah baca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Happy Blogging! ~\o/