Mengoleksi CD Musik Itu Asik

Wednesday, May 25, 2016

Seperti yang udah pernah gue tulis di postingan blog sebelah gue tentang mengoleksi cd musik original, di postingan yang sedang kalian baca ini pun akan membahas tentang tema yang sama. Untuk postingan gue tentang mengoleksi CD musik di blog sebelah, bisa kalian baca di postingan yang berjudul "Mengoleksi CD Musik Original" atau bisa langsung klik aja link-nya.
Btw, ini bukan koleksi punya gue ya.
Dari awal kenal musik digital, gue belum pernah beli musik secara legal sama sekali, even itu beli musik secara fisik kayak kaset atau CD original. Alasannya standar pisan, berasa sayang aja we sama duitnya kalo beli-beli gitu, selain itu ya ribet aja kalo harus beli musik secara fisik. Jadi harus bawa playernya ke mana-mana, walaupun sebenernya bisa aja harus mengeluarkan sedikit effort untuk masukin CD-nya ke PC/Laptop dulu terus di-copy ke smartphone atau digital music player lainnya. Ribet pisan euy. Kalo ada cara yang lebih mudah, murah dan praktis, kenapa nggak pilih cara itu aja. Ya, salah satu caranya adalah dengan download.

Banyak sekali blog dan website penyedia download musik ilegal yang menawarkan banyak jenis musik dan bisa didapetin secara gratis. Kita juga nggak nutup-nutup lah ya kalo kita pernah atau masih download musik secara ilegal. Gue pun masih begitu kok. Hehehe. Note: buat kalian yang punya duit lebih, mendingan beli CD originalnya aja atau download secara legal ya. Jangan kayak gue.

Gue pribadi juga sebenernya pengin banget kayak gitu, cuma ya duit gue masih terbatas untuk melakukan hal itu. Tapi, berhubung gue seneng banget sama musik, sedikit-sedikit gue mencoba berubah jadi power ranger untuk lebih bisa menghargai karya orang lain dengan cara membeli karya mereka secara legal. Perubahan tersebut gue mulai dengan membeli dua CD dari salah dua musisi favorit gue. Tulus (Gajah 2014) dan Endah N Rhesa (Nowhere to Go 2009)

A photo posted by Aa Indra (@indrathrw) on

Awalnya gue punya niat untuk beli dan mengoleksi CD musik original itu karena ngeliat koleksi si @halleluhellyeah yang pernah twitpict koleksi CD musiknya. Kayaknya keren juga kalo gue ngelakuin hal yang sama kayak doi. 

Gue suka banget sama musik, dan pengin mengoleksi sesuatu yang gue emang gue suka, gue juga seneng liat album art dari tiap cover album CD musik itu sendiri. Secara otomatis gue menghargai dua artist atuh nya. Pertama, gue menghargai si musisi yang membuat musiknya, dan yang kedua, gue juga menghargai karya desainer atau fotografer yang bikin cover albumnya. Bener nggak cuy?

Untungnya, di kota tempat gue tinggal sekarang yaitu di Cilegon, ada toko musik yang jual berbagai macam cd, kaset, dvd dan lain sebagainya secara legal, up to date dan so pasti original pisan. Nggak kayak di kampung halaman gue, nggak ada toko musik kayak di sini. Jadi gue bisa dengan leluasa meneruskan hobi baru gue. Masalah harga, lumayan terjangkau lah untuk kantong gue sekarang. Ya minimal gue bisa beli satu CD musik perbulannya.

Kualitasnya gimana, a? Sama aja atau ada yang beda?

Ngomongin soal kualitasnya, udah pasti berbeda pisan sama yang bajakan atau yang biasa ada di situs download ilegal, ya walaupun gue nggak begitu ngerti tentang audio, tapi sedikit banyak gue tau tentang kualitas suara musik yang bagus itu kayak gimana. Musik yang dihasilkan dari CD original itu berasa lebih hidup aja gitu menurut gue. Selain itu ada rasa bangga dan puas juga karena udah mengapresiasi karya orang.

Mengoleksi CD Musik Itu Asik dan bakal terus melanjutkannya. Siapa tau kapan-kapan gue bisa punya CD sendiri atau at least bikin album cover musik buat orang lain kan siapa tau nanti banyak orang juga yang mengapresiasi karya gue like what i did before. Kurang lebih kitu we lah nya. Muhun.

That is all untuk postingan gue kali ini. So guys, siapa diantara kalian yang melakukan hal yang sama kayak gue? Share dong di kolom komentar, kalian punya CD musik dari musisi siapa aja. See you on the next post! :D

You Might Also Like

13 komentar

  1. dulu sih pas smp gue sempet punya beberapa kaset (iya kaset) tapi kok malah makan tempat ya jadi sejak itu prefer koleksi musik digital aja baik berbayar ataupun gratisan di henpon

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, lagi cd gampang kebaret terus pas di play suaranya jadi kayak alien :((

      Delete
  2. Gue gak pernah koleksi CD music. Gue koleksi CD games! Dan CD porno, dulu sebelum internet gue kenceng. Laki abis!

    ReplyDelete
  3. Semoga semakin banyak koleksi CD Musiknya ya Kak.
    Lebih menyenangkan beli yang original, selain karena kualitas dan awet, kita menemukan kesenangan sendiri karena itulah bentuk apresiasi kita ke karya yang kita suka.
    Karena aku juga begitu, tapi aku koleksi buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Tujuannya memang begitu :D

      Gue beli buku juga btw

      Delete
  4. di kampung kita skrg sudah ada substore, next bakal ada tasik music store kolektif dari saya dan kaula muda edan eling pokoknya hehe ✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah? serius mang? di sebelah mana euy? Siap lah, lanjutkan mang. Pasti saya dukung lah

      Delete
  5. Menarik bgt ya skrg untuk ngoleksi CD. CD terakhir yg saya beli album Tulus yg Gajah huhu jadi semangat pengen koleksi yg lain ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, kayaknya semua benda berbau fisik yang mulai digitalisasi, akan menjadi benda yang menarik

      Delete
  6. koleksi saya ada kaset pita jaman dulu dirumah. hahaha sempat beli juga speaker yang bisa mutar tuh kset pita lagi.
    btw, salken ya gan. baru pertama kesini

    ReplyDelete
  7. Gue sempet ngoleksi beberapa CD Musik. Tapi semuanya sirna ketika era orang-orang harus beli ayam goreng terlebih dahulu untuk mendapatkan CD

    ReplyDelete
  8. Beli cd untuk musisi yg benar2 disuka saja. Kalok yg g bener2 suka... donlot ilegal. Ironisnya musisi yg aku suka justru menyediakan free donlot di web nya.. pdhl emang niat beli cd mereka.. sementara musisi yg aky g pengen beli cdnya g ngasih free donlot.

    ReplyDelete

Thanks guys udah baca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Happy Blogging! ~\o/