Belajar Internet Marketing Dan SEO

Monday, April 25, 2016

Ini adalah pengalaman gue waktu masih kuliah dulu. Jadi waktu itu gue kuliah ngambil kelas karyawan, niatnya emang pengin kuliah sambil kerja, biar bisa nambah-nambahin biaya buat kuliah dan biar terbiasa mandiri juga. Pagi sampe sore kerja, sore sampe malem kuliah. Jadi, giliran orang lain pada selonjoran istirahat sambil stalking mantan, gue malah mikir keras dan nahan ngantuk biar tetep fokus ngampus.
 Awal cerita gue bisa jadi internet marketer itu adalah ketika gue masih kerja jadi tukang fotokopian, iya gue pernah kerja juga sebagai tukang fotokopi. Waktu itu ada seorang temen yang menguhubungi gue via twitter, beliau ngajak gue untuk ikut kerja bareng timnya. Awalnya beliau nggak ngasih tau kerjaannya apa dan ngapain, cuma ngajak ketemu dan langsung dibawa ke temennya yang punya bisnis di bidang internet itu. Setelah ngobrol-ngobrol nanti gue ngapain, gue langsung memutuskan untuk nggak ngelanjutin kerja di tukang fotokopi lagi dan mulai bekerja di sana.

Jobdesc gue waktu itu disuruh pegang salah satu web beserta akun pendukung lainnya untuk memasarkan sebuah produk herbal MLM. Oke, gue sempat terjebak di jaringan MLM tapi untungnya gue nggak murni menjalani bisnisnya, tapi lebih ke gimana caranya menjual barang itu sebanyak mungkin dan mendapat komisi sebesar mungkin. Ekspetasi gue waktu itu adalah kerjaannya nggak terlalu sulit, karena ya cuma ngeblog dan menjual produk doang. Perihal ngeblog sih nggak terlalu ada masalah karena waktu itu gue bisa dibilang masih aktif ngeblog. Oke, satu hal bisa teratasi. Sedangkan untuk menjual sebuah produk di internet, gue belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, apalagi penjualannya di sebuah web atau blog. Personaly, it's something new.

Wordpress adalah pilihan platform untuk digunakan membangun sebuah web yang nantinya akan dijadikan tempat untuk menjual. Webnya dibangun seperti blog kesehatan pada umumnya, bukan kayak online shop atau marketplace kebanyakan. Karena, konsepnya emang bukan hard sell atau menjual secara terang-terangan. Konsep yang dipakai adalah soft sell atau jualan yang nggak keliatan jualan. Contohnya kayak gini, gue mau jual produk herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan kanker payudara, nah di dalam postingannya, gue nggak langsung nodong untuk beli produknya tapi lebih ke memberikan artikel yang berkaitan dengan produknya terlebih dahulu yang kemudian diberikan saran untuk membeli produknya karena manfaat dan khasiatnya sama antara artikel tadi dengan manfaat dan khasiat dari produk yang gue saranin tadi. Gitu.

Tapi, segitu doang mah belum cukup. Yang paling penting dan harus diperhatikan juga dalam bisnis internet marketing adalah SEO atau Search Engine Optimization. Singkatnya, SEO itu adalah teknik untuk membuat web atau blog kita menjadi nomor satu di halaman pertama Google atau istilah SEO-nya adalah page one di mesin pencari seperti di Google.

Selama gue mempelajari SEO, gue jadi kenalan lebih deket sama Google. Kenalan sama algoritmanya, aturannya, cara mainnya, nomor celananya, pokoknya macem-macem tentang si Google. Kenapa harus kayak gitu? Karena ya internet marketing itu rata-rata optimasinya di google, di search engine. Jadi kalo mau dideketin dan mau dibaikin, kita harus kenal dia, mengerti dia dan baikin dia kalo dia mau melakukan hal yang sebaliknya ke kita. Anjis baper.

Untuk masalah cara penulisan yang sesuai dengan SEO, di wordpress ini ada sebuah plugin yang sangat membantu kita supaya bisa menulis postingan yang sesuai dengan aturan SEO. Nama pluginnya adalah Yoast. Jadi di sana ada semacam parameter gitu, yang bisa melihat apakah postingan yang udah diketik termasuk postingan yang SEO friendly apa belum, di sana ditunjukin juga langkah-langkahnya supaya bisa memenuhi syarat postingan yang SEO Friendly.

Untuk pemula seperti gue waktu itu, nulis postingannya aja udah lumayan bikin begah. Karena dari cara pemilihan judul pun, kita harus riset dulu. Judulnya menggunakan kata apa ya yang ramai dicari orang di Google. Itu baru judul, cuy. Belum lagi isi postingannya, ilustrasi gambarnya, alt text pada gambar, bold, italic, underline, penempatan back link, H1, H2, H3. Meh.

Setelah postingannya beres, yang harus dilakukan adalah optimasinya. Jadi postingan yang udah dibuat tadi kemudian dishare ke berbagai media sosial. Selain itu, kita juga harus banyak-banyak blog walking ke berbagai blog yang punya reputasi baik di mata Google dan meninggalkan jejak berupa link web atau blog kita, biar nanti blog kita akan dianggap baik juga sama Google dan blog kita jadi dapet back link dari sana. Hal tersebut bisa membantu web atau blog kita jadi naik perlahan ke halaman pertama google.

Kenapa harus di halaman pertama? Oke, gue tanya balik, emang ada orang yang nyari informasi di google, terus klik link yang ada di halaman 9836591863591863591? udah pasti di halaman pertama dan di urutan pertama. That's why blog atau web kita harus ada di halaman pertama, biar orang yang mencari informasi, bisa langsung masuk ke web atau blog kita. Inti dari tujuan SEO emang kayak gitu kan? Jadi, semakin banyak orang yang mengunjungi web atau blog kita, maka semakin banyak kesempatan orang membeli produk kita.

Tapi, itu semua kan cara lama, algoritma Google yang sekarang juga udah update , jadi nggak tau deh dengan cara ini masih bisa berguna apa nggak. Gue juga sama sekali nggak ada niat untuk menggurui, hanya sharing pengalaman yang pernah gue ketahui waktu itu. Hehe.

Gimana guys, udah lumayan bikin pusing belum? Woles dan lemesin aja, nggak usah diambil pusing. Untuk ukuran blogger personal kayak gue, SEO mah ntaran aja. Yang paling penting mah kuliatas postingannya aja dulu dibagusin, masalah promosinya gunakan media sosial dan blog walking sebanyak mungkin biar blog kita dikunjungin balik. Okay, thanks buat kalian yang udah baca postingan yang panjang ini sampe beres. Happy Blogging!

You Might Also Like

16 komentar

  1. Gue Wordpress user, bang\o/ dan iya, make Yoast emang udah yang paling enak dah. Tapi ada juga plugin yang gak kalah keren buat SEO, Jetpack namanya :D
    Daridulu sih pengen banget bisa jadi internet marketer. Tapi belum punya waktu buat belajar._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Jetpack. Pernah tau sih, tapi belum pernah nyoba. Karena sekarang balik lagi ke blogspot :D

      Delete
  2. Dua hal diatas emang kadang bikin pusing tapi jika dipelajari secara perlahan-lahan nanti juga bakalan paham ya...

    ReplyDelete
  3. wew, keren broh pembahasannya, btw gue jadi curiga jgn2 elu nih si penjual obat pembesar kelamin yang sering bergentayangan di kolom komentar para blogger hehehe kidding

    ReplyDelete
  4. ironi, bahas internet marketing, tapi blognya sepi.

    Muahahahahahaha..

    Duh, anjis ngakak aing.

    Eh, maap maap.

    Pokoknya mah keep writing, keep sharing, keeper kebobolan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha namanya juga blog baru. Cek blog sebelah aja kalo mau yang rame :(

      Lagian siapa atuh aing mah dibandingin sama seleb blogger yang udah punya buku dan udah pernah masuk tipih jiga maneh, dis :(

      Delete
    2. eh, tong kitu wa, awon muahahhahaa.. ah urang masuk tipi ge paling ngan 10 menit :((

      Delete
  5. a tough journey, tapi keren!
    semangat terus ngeblognya ndrowww ~

    ReplyDelete
  6. Berasa kayak newbie setelah vakum ngeblog 2 tahun haha btw kalo blog baru 4 hari dibikin tapi yg mampir ke blog kita udah 250 lebih itu masuknya kategori apaan yah wkwk

    ReplyDelete
  7. Wah, sama blogger sekaligus internet marketer.
    Ane mulai ngeblog di waktu SMP, dari gamers dan alhamdulillah kecanduan game udah hilang karena muncul kegiatan positif yang baru ngeblog.

    Banyak manfaat yang didapatkan, terutama skill menulis :D

    ReplyDelete
  8. Keren euy... bahasa ringan tapi pesan tulisannya sampai (y)..
    BeTeWe... si AA Indra ini blogger hebat cuy.. terbukti beberapa kali menang dalam konter SEO.

    Keep blogging brother :D

    ReplyDelete
  9. Setuju kalo mau tampil di Hal 1 SERP nya google ya kudu ikuti aturannya yang punya halaman...


    Salam
    ELMU
    Belajar Mencari Rezeki Di Internet

    ReplyDelete

Thanks guys udah baca postingan sampai akhir. Silakan komentar tentang postingan di atas. Berilah komentar yang sopan dan jangan lupa untuk terus mampir ke sini. Happy Blogging! ~\o/